Conceptual Model Electronic Calendar – Chapter 2 assignment Interaction Design

Menurut Johnson dan Henderson’s (2002) dalam papernya mengatakan bahwa model konseptual merupakan deskripsi tingkat tinggi mengenai bagaimana suatu system tersusun dan berjalan.  Beberapa komponennya antara lain :
Metaphors and analogies : sifat atau kegunaan benda nyata yang dijadikan acuan supaya user dapat memahami apa dan bagaimana menggunakan suatu system.
Concepts : penjelasan detil mengenai ide awal system yang akan ditemui dan dipahami oleh pengguna.  Deskripsi ini harus menjelaskan objek dan atribut yang dibuat dan diubah-ubah oleh ide awal system dan juga aktivitas yang bisa dilakukan oleh system.
relationships between concepts : relasi yang ada antar concepts, bisa menjelaskan apakah suatu konsep merupakan subsistem dari konsep yang lain, merupakan komponen pembangun dsb. Harus dijelaskan juga pentingnya relasi antara objek dan aktivitas dari suatu konsep.
Mapping : pemetaan antara metaphors , concepts dan user experience dari tujuan produk/system yang didesain.

Analisa Pertama (Electronic Personal Calendar di Android Phone)

Tampilan menu dan daftar agenda di kalender android phone

Metaphors and analogies : Analogi dan metafora utamanya adalah agenda kegiatan harian sampai pada detail setiap jamnya. Analogi penting lain yang digunakan adalah agenda mingguan, dan kalender bulanan, termasuk pengingat otomatis, aplikasi editor agenda dengan fitur create, delete, save, edit agenda/kegiatan, ada juga fitur sinkronisasi dengan email (google). Dilihat dari metafora nya, agenda/kegiatan merupakan fokus utamanya, sinkronisasi dengan kalender di account google merupakan fitur baru yang memudahkan kita untuk mengelola satu kalender yang bisa diakses dimana saja.

Concepts : Sebuah kalender utama dan kalender lain dari account google. Didalam kalender utama ada agenda-agenda atau kegiatan-kegiatan yang bisa diatur baik agenda rutin atau tunggal, membuat agenda baru, menyimpan agenda, mengedit agenda, menghapus agenda,  menambahkan pengingat otomatis, dan menambahkan status prioritas di setiap agenda sedangkan kalender lain hanya bisa disinkronisasi untuk dilihat saja.

Tampilan Harian, mingguan dan bulanan kalender di android phone

Relationships between concepts : Aplikasi terdiri dari beberapa kalender yang merupakan kumpulan dari beberapa agenda.  Agenda terhubung langsung dengan satu kalender, dan antar agenda dapat saling terhubung melalui kalender.  Agenda terdiri dari tanggal mulai, tanggal akhir, waktu, tempat, pengingat otomatis dan status prioritas.  Fungsionalitas mengatur agenda (save, edit, delete) lebih penting daripada fungsi sinkronisasi dengan kalender lain dari google.

Mapping : Kalender mengikuti model Agenda Kalender sesungguhnya, yang susunan waktunya tahun, bulan, hari, jam, menit, detik. Agenda juga seperti kegiatan di dunia nyata, setiap agenda harus memiliki nama kegiatan tanggal dan jam, informasi mengenai lokasi merupakan pilihan tidak wajib. Kalender lain hasil sinkronisasi dengan account google dapat ditampilkan bersama dengan kalender utama, atau tidak ditampilkan.

Analisa Kedua (Electronic shared Calendar di Google Calendar)

Tampilan Google Calendar

Major metaphors and analogies: Analogi utama yang digunakan adalah Agenda kegiatan harian, selain itu agenda kalender tahunan, agenda kalender bulanan, pengingat otomatis, aplikasi editor agenda dengan fitur save, edit dan delete, aplikasi email, dukungan attachment file dan kemampuan social networking merukapan analogy tambahan yang dipakai.  Sedangkan dari sisi metaforanya, agenda merupakan fokus utama dengan tambahan fitur “invitations” untuk mengundang teman dari account google.

Tampilan agenda google calendar

Concepts: Ada beberapa kalender seperti “private”, “shared”, “others”.  Kita bisa membuat kalender baru, tidak seperti di android yang hanya punya 1 kalender utama, menyimpan kalender, menghapus kalender, mengatur setting dan pemilik dari “shared” kalender.  Setiap kalender terdiri dari agenda-agenda baik agenda rutin ataupun tunggal, agenda “private”, “shared” atau “mine others”.  Membuat agenda baru, membagi agenda dengan teman, menyimpan agenda, mengedit agenda, menghapus agenda, menerima agenda teman, mengirim agenda ke teman, menerima agenda dari teman, menolak agenda teman, menambahkan agenda ke kalender tertentu, menambahkan attachment, menambahkan pengingat otomatis, mengatur “availability” dari agenda, mengatur setting dan “owner” event, mengatur anggota shared kalendar, menghapus anggota, memblok anggota dan menambahkan anggota.

Relationship between concepts: Aplikasi memiliki beberapa kalender yang merupakan kumpulan dari agenda. Agenda terhubung langsung dengan satu atau beberapa kalender.  Beberapa agenda dapat terhubung menggunakan kalender. Agenda atau kalendar bisa diatur menjadi “private” atau “shared”.  Agenda memiliki tanggal awal, tanggal akhir, waktu, lokasi, “owner”, “invitees”, status pribadi, nama agenda, status “sharing” dan deskripsi.  Fungsionalitas mengatur agenda (save, edit, dan delete) lebih penting daripada mengundang / “invites” teman ke suatu agenda ataupun menambahkan “attachment”.  Fungsionalitas mengubah setting jadi “private” lebih penting dari menjadikannya “shared”. Mengirim invitations lebih penting daripada menerima atau me-“reject” nya.  Hierarki dari pemilik kalender lebih tinggi dari pemilik agenda.

Mappings: Kalender mengikuti model Agenda Kalender sesungguhnya, yang susunan waktunya tahun, bulan, hari, jam, menit, detik. Agenda juga seperti kegiatan di dunia nyata, setiap agenda harus memiliki nama kegiatan tanggal dan jam, informasi mengenai lokasi merupakan pilihan tidak wajib. Tambahan informasi seperti waktu pembuatan agenda bisa ditambahakan.  Agenda bisa diatur kedalam grup seperti “work”, “birthday” atau “personal”. Syarat utama saat membuat kalender baru hanya nama kalender. Pengguna dapat menambahkan agenda yang sudah ada ataupun yang baru ke kalender lain. “Owner” merupakan pengguna dengan hierarki tertinggi dari suatu agenda atau kalender dan berhak memodifikasi. “Participant” merupakan pengguna yang dapat melihat, tapi tidak dapat memodifikasi kalender atau agenda.  Pembuat suatu agenda atau kalender secara otomatis menjadi “owner”.  “Owner”dapat mengubah status atau hak dari participant maupun grup terhadap suatu event atau kalender.  “Invitation” berwujud email kepada pengguna lain yang berisi informasi agenda dan link untuk mengaktifkan undangan (menerima atau menolak). Undangan yang diterima secara otomatis ditambahkan kedalam kalender pengguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s