rest api

oke beberapa waktu ini karena sering berkutat dengan API jadi pengin sedikit share tentang API.

sekarang banyak aplikasi web menjadi sebuah platform,, bukan sekedar sebagai server yang bisa access dengan client yang mereka sediakan. sebagai platform pemilik server menyediakan API yang bisa diakses oleh siapa saja sehingga variasi aplikasi bisa sangat banyak dan bisa dibuat siapa saja (tentunya yang minat mengetikkan baris2 code untuk membuat aplikasinya :p)

jadi dengan API kita bisa mengakses data di platform untuk membuat client versi kita sendiri,,

mungkin ini semua berawal dari banyaknya perangkat untuk mengakses internet,, yap ‘smartphone’.

sebagai contoh salah satu API yang terkenal itu twitter. twitter ini berperan sebagai platform bukan sekedar website biasa, dimana untuk mengakses platform twitter disediakan API milik twitter .

selain aplikasi resminya di http://www.twitter.com dan aplikasi officialnya di berbagai smartphone, misal twitter for android dll banyak aplikasi twitter client lain yang kita kenal, misalnya ubertwitter yang tersohor di pengguna BB, tweetdeck yang bisa kita install di komputer dll.

back to topik,, mengenai REST API ; REST ini adalah sebuah architecture untuk menyusun sebuah API. salah satu faktor penting adalah menjamin keamanan data, misal saya mempunyai akun twitter @whe_green – tentunya tidak sembarang aplikasi bisa mengakses timeline atau direct message saya donk. nah untuk itu ada ketentuan semacam oauth untuk keamanan login dan banyak fitur lain. maaf intent saya bukan untuk membicarakan masalah teknikal dari REST API, tapi sekedar menuliskan introduction untuk slide REST API dibawah ini . semoga bermanfaat.

2 thoughts on “rest api

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s