sublime text review

sublime text 2

beberapa waktu lalu saya baru aj migrasi ke sublime text 2 dari notepad++
yep,, basic saya sebenernya bukan web developer, namun entah kenapa akhir2 ini ada beberapa project web yang sedang dikerjain,, so saya move on ke platform web dari sebelumnya java & droid🙂

oke, ga ada intend untuk promo atau apa,, tapi cuma sekedar ingin mendokumentasikan setting sublime text yang saya custom,,

awalnya sublime text 2 ini hanya tersedia di MAC OS,, dan saat ini sedang beta version untuk merambah di windows,, sekali coba,, ternyata banyak kelebihan nya,, sudah sering banget dipamerin sama salah satu temen saya yg fanb*y nya a**le yang twitter akun nya @shevtiawan (boleh kalo mau follow),,

sebelum jadi friend sama notepad++, saya udah sobat banget sama yang namanya eclipse (java) – so ketika pake sublime ini,, hmmm…

walau fitur tidak selengkap eclipse, tapi lightweight nya dapet banget lah,, ini bukan program berat.

karena sebelumnya sudah mulai terbiasa dengan notepad++, ada beberapa fitur notepad++ default yang belum default di sublime text 2 ini.

sublime text 2 sebelumnya bisa didownload disini

saya rasa tak perlu panjang lebar jelasin fitur,, di halaman utama dijelaskan apa fitur utama si ST2 ini, silahkan dicoba,,

shortcut yang perlu dihapal cuma ctrl+shift+p sama ctrl+p – sisanya bisa dihapal sambil jalan,,🙂 i like the concept!

namun…

ada beberapa kekurangan sublime :

1. bracket highlighter yang kurang kece,, kurang eye-cathcing terutama untuk ngecek code udah di close atau ngga,,

so workarround nya :
install package (semacam plugin) bernama BracketHighlighterhasil akhirnya nanti akan seperti ini :

cara install nya bisa dilihat disini (nanti saya post kalo sudah longgar maap m(_ _)m )

2. tida ada fitur klik kanan > open with sublime

salah satu kelebihan notepad++ itu saat klik kanan sebuah file, akan ada menu edit with notepad++

padahal ini menurutku fitur yang cukup penting,, hmmm… setelah beberapa gugling ketemu cara hack nya,, tampilan akhirnya si sublime bisa lebih powerful

Untitled

kalau diperhatikan, diatas edit with notepad++,, ada pilihan edit with sublime text 2

untuk cara hack nya lihat disini (ntar ya apdetnya… )

3. belum menampilkan explorer project secara default

nah file explorer seperti ini penting menurut saya kalau kita mengerjakan sebuah project web,, dan ga mungkin juga web cuma dibikin satu page saja,,

walaupun work arround nya sangat gampang,, yaitu klik file > open folder , tapi saya ingin lebih! :))

Untitled

kalau diperhatikan lebih detail.. setelah klik kanan,, maka akan tampil pilihan Open Folder as Sublime Project

cara hack nya bisa dibaca disini(saya update lagi nanti yah,, :p)

Oke,, sekian review sublime text 2 dari saya,,

sebenernya ga ada review juga si,, :))

tapi setelah beberapa penyesuaian diatas,, sublime text 2 sukses menjadi pihak ketiga yang menghancurkan hubungan saya dengan notepad++

enjoy code!

One thought on “sublime text review

Leave a Reply

