architecture-like study for electronic/IT

sudah lama kepikir tentang ide aneh ini, mungkin ga banyak yang tertarik – yah tapi siapa tau ada juga yang sependapat dengan pemikiranku.

oke, tentunya sudah tak perlu lagi dijelaskan tentang apa itu arsitektur. Arsitektur or architecture (in english) is all about building a home/building. hmmm… sebenernya ga sesimpel itu, dan saya juga bukan orang yang berlatar belakang pendidikan arsitektur, so mohon koreksinya karena disini saya cuma asal bicara berdasar opini aja🙂. beberapa hasil membaca artikel dan juga nanya2 beberapa temen yang kuliah arsitektur, ini bukan sekedar membuat rumah atau bangunan men! intinya bagaimana memasukkan unsur seni dan humanisme kedalam proses pembuatan rumah atau bangunan supaya nyaman dihuni. bisa dibilang beberapa teman yang mengambil kuliah di arsitektur sedikit bingung, sebenernya disiplin ilmu arsitektur itu membahas tentang apa – apakah seni atau teknik ? apakah desain (rumah / interior) ataukah teknik (bangunan / sipil).

disatu sisi mereka menganut prinsip orang teknik yaitu efektif, simple, to the point. tapi disisi lain mereka juga menganut prinsip orang desain yaitu humanis, artistik dan indah.

oke, sekilas dari opini pribadi yang sok tau ngejelasin tentang arsitektur tadi, saya terpikir tentang pendidikan saya –  ya saya anak teknik, teknik yang masih baru dan sedang booming beberapa tahun belakangan ini, yaitu teknik informatika. saya belajar banyak hal turunan dari ilmu matematika yang bisa diimplementasikan menjadi baris-baris kode program yang bisa menyederhanakan kehidupan sehari-hari – tentunya sangat teknik sekali ya😀. tapi disatu sisi saya sedikit punya hobi gambar, yah walaupun amatir, dan cuma bisa pakai aplikasi c*rel tapi ini cukup membantu juga di kuliah saya, kok? the answer is simple, we need art in everything – we need humanism point of view in every man-made thing.

setelah cukup lama mendalami keilmuan di ke-informatika-an ini, dan merasakan gimana rasanya jadi seorang engineer, (sebenernya si programmer alias kuli koding :p) sempat kepikir untuk membuat produk ku sendiri. oke, ga munafik saya sama mainstream nya sama beribu-ribu anak berlatar belakang informatika lain yang terinspirasi sama suksesnya facebook, twitter, behance, dan berbagai startup IT lain yang sukses dilahirin dari para founder-founder muda. selain model bisnis yang oke, saya menyimpulkan kuncinya ada pada kolaborasi teknologi dan desain. ya desain muncul lagi sebagai komplementari yang ga bisa dabaikan begitu aja sebagai faktor sukses, hmm… keingat dulu memang pas kuliah informatika ada kuliah interaksi manusia komputer yang ngebahas tentang desain tampilan muka aka interface dari software.

dari sinilah saya mulai tertarik untuk tau lebih dalem lagi, seandainya dulu saya kuliah desain itu belajar apa aja si,, dan hasil mini-riset saya ini berujung tentang adanya sebuah disiplin yang bernama electronic-art dan interaction design. disini bukan lagi sekedar belajar tentang desain visual untuk sebuah software – saya sempet nemu beberapa hardware juga yang dikemas dengan sentuhan desain yang apik. silahkan di cari di google tentang myo, nike fuelband, iphone, ipod, dll ternyata bukan sekedar IT/software aja yang butuh sentuhan desain, hadrware juga perlu men!

 

makin kepikir lah udah ada belum si kuliah semacam arsitektur buat gabungan hardware/software + desain ? beberapa yang didapet dari informasi google si udah ada, tapi memang masih setengah-setengah, ada jurusan seni yang mengkhususkan make media elektronik sebagai ganti kanvas sama cat nya, ada juga jurusan teknologi Software maupun hardware yang fokus mempelajari desain interaksi, user interface dan user experience.

bisa coba cari info tentang MIT media lab, ataupun Usyd electronic art and interaction design, dua jurusan ini lumayan banyak penjelasannya di internet tentang apa yang bakal dipelajari kalau jadi mahasiswa disana, dan sepertinya mengarah ke topik yang sedang saya bahas ini.🙂 kalau di indonesia sepertinya baru ITB teknologi media digital & game (belajar elektro/hardware) sama ITB Design Orientasi Media Digital dan Animasi (belajar desain/seni)

entah kenapa memang topik tentang interaction design biasanya disebut UI/UX lagi nge-trend di kalangan startup IT, term lain yang juga nge-trend selain UI/UX itu gamifikasi (gamification in english) yag ngebahas gimana cara bikin orang addict sama software/hardware yang kita buat – kaya kalo kita addicted sama sebuah game, tapi diimplementasikan ke bukan game, mungkin lain kali seru juga bahas gamifikasi ini🙂

 

mungkin suatu saat akan ada jurusan yang sudah matang silabusnya dan bener2 balance kaya kuliah arsitektur yang bisa ngimbangin sisi teknik sama desain nya untuk lingkup electronic/IT ini, semoga🙂

2 thoughts on “architecture-like study for electronic/IT

  1. menarik juga ya mas,, mungkin bisa dimulai dari cari2 referensi materi terus nge-blog materi2 yang mungkin berkaitan,, 😀
    thanks sarannya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s