#onemonthapp #3

Oh god, ke skip nulis buat report #onemonthapp sebulan T.T

oke bukannya mau cari2 alasan, tapi beberapa minggu terakhir saya sibuk dengan project hackathon saya yang … hahaha bisa dibilang ajaib. mungkin lain waktu akan saya ceritakan kisahnya. tapi sekarang kembali ke project onemonthapp saya, dengan sangat amat sedih, project billme saya pending dulu😦 karena skearang lebih fokus untuk ngerjain project limakilo yang bisa dilihat teaser nya di http://limakilo.id😀

tunggu ya akhir bulan ini rilis versi android nya😉

Project ini berawal dari event hackathon yang mengusung tema tentang “kawal komoditas pangan” – problem naik-nya harga di level konsumen, padahal harga di petani alias produsen nya murah abis :( so ini beberapa hasil brainstorm kami :

Ideation

maap fotonya jelek. nanti saya coba scan ulang yak :p

kali ini saya berkesempatan kolaborasi dengan @lisaayuw – business analyst jebolan MBA prasmul untuk rancang ide bisnis nya. intinya setalah beberapa jam riset dan telpon beberapa petasi kesana-sini kami sepakat untuk buat app marketplace yang bisa menghubungkan langsung petani dengan pembeli, dan untuk studi kasus pertama kami pilih bawang dan kota brebes.

001 002

Sketch

Di ide awal app ini saya coba garis bawahi 2 fitur utama dari app ini :

  1. konsumen bisa pilih daftar bawang yang dijual oleh beberapa petani (harga bawang ditentukan petani) untuk paketan 5kg
  2. konsumen bisa mencari petani yang bersedia menjual bawang dalam jumlah besar dengan harga dibawah pasar (harga ditentukan oleh konsumen -semacam pembelian grosir)

003004

Android app

Dan kali ini saya kerjain app android nya dua orang bareng @martinlutern tapi masih aja dikomplen kerjaan kami lambat😦

soalnya kali ini saya coba library material design barunya Google😀 yah lambat tapi worth it. next time implement material design bisa lebih cepet dah!

oh ya, logo nya ini sumbangan dari bro @arieare yang awesome abis🙂 thanks!

Screenshot_2015-09-12-19-24-02 Screenshot_2015-09-12-19-24-11 Screenshot_2015-09-12-19-24-18 Screenshot_2015-09-12-19-24-24 Screenshot_2015-09-12-19-24-36 Screenshot_2015-09-12-19-24-54

Server app

untuk server seperti biasa semua di handle sama bos @ariffsetiawan sih, kalau ga salah spec nya node.js pak framework express. DB nya standar aja pake mySQL. Tapi seperti biasa masalah server dan deployment saya yang handle😀

dan kali ini praktek docker nya cukup sukses di deploy ke elasticbeanstalk nya AWS biar next ya bisa auto scaling dan kuat buat handle traffic berat.

monggo boleh visit dockerhub saya di https://hub.docker.com/u/whegreen/🙂

Screen Shot 2015-09-12 at 8.08.17 pm

oke deh, sementara ini progress #onemonthapp saya yang udah berubah haluan sementara ke project limakilo

salam #onemonthapp !

Leave a Reply

