Sprint zer0 a.k.a design sprint

Screen Shot 2016-06-21 at 3.24.46 PM

Beberapa minggu terakhir ini di http://www.limakilo.id , saya beruntung untuk punya kesempatan implementasiin sprint zer0 a.k.a design sprint yang terdiri dari 3 designer anak magang yang talented banget : danang, maya sama tika. Sebelumnya, kerjaan lebih ke arah managing engineer dan sesekali ke planning untuk traction paling mentok di tim pernah ada 2 designer dalam 1 project tapi belum pernah saya full satu team yang semuanya berisi designer.¬†Nah selama kerja bareng mereka, ada beberapa hal seru yang saya pelajari, karena belajar bisa dari siapa saja bahkan anak magangūüôā

 

Managing the team remotely

Problem pertama adalah background saya lebih kuat di engineering, saya pernah punya pengalaman memanage 2 designer di tim tapi saya bukan designer dan disini saya ditantang untuk bisa handle 1 tim yang terdiri dari 3 designer aplikasi Рanak magang secara remote, mereka di jakarta dan saya di jogja~~ LDR dah. Solusi yang kami lakuin : setup trello board yang kebetulan dibantu kak @ariffsetiawan sebagai PIC nya anak magang di limakilo. Awalnya kami kepikir untuk buat slack, tapi ternyata whatsapp + gdrive udah more than enough buat kebutuhan kami, so dont make it difficult, beberapa kali juga dibantu sama skype untuk koordinasi.

problem kedua adalah, saya terbiasa dengan prototype code + sketchapp nya bohemian coding, cuma 1 anak yang bisa pakai sisanya pada pake windows + adobe illustrator +¬†photoshop – solusinya adalah exporting file dari sketchapp –> ai/photoshop. Di sketchapp kami ngerjain wireframe – colour muted kalo ga salah istilahya (gambarnya hitam putih aja) lalu coloring dikerjain di ai / photoshop. Karena ini tim anak magang dan mereka cuma sementara, kupikir learning curve untuk mereka belajar sketch terlalu cost-ly di project ini so we deal with this.

problem ketiga adalah mereka belum terbiasa dengan scrum, so aku potong beberapa hal yang akhirnya aku masih harus micro manage untuk mastiin “tektok” an kerjaan dari 1 orang ke orang lain ngga terdelay lama karena saling tunggu. Disini paling kerasa investasi dari implementasi scrum di tim, delay kerjaan karena salah satu tim member paling lama 1 hari kalau daily standup udah rutin – tanpa perlu ada figur bossy yang nagihin kerjaan. all hail scrum!

Ternyata maintain designer dengan maintain engineer secara remote so far mirip-mirip lah.

 

Design Sprint for Agile Product Design

Berikut framework yang kami pakai untuk proses product development kami. Beberapa hal kudapat dari kombinasi UCD, lean UX, scrum, prototyping, dan user research berdasarkan pengalaman sama hasil riset thesis kuliah dulu. So silahkan buka sesi diskusi dibawah mengenai framework yang kami pakai sekiranya tertarik.

Yang menurutku seru disini adalah kami punya waktu 2 iterasi x 1 minggu untuk eksekusi list assumption product sampai ke asset support sebelum kami yakin kalau yang dikerjain di sprint zer0 oke buat masuk ke task nya developer. Dan saya puas sekali karena kami punya dokumen yang cukup lengkap untuk semua element di framework sprint zer0 kami. Biasanya aku single fighter untuk eksekusi assumption, persona sampai user stories, beberapa kali sempat tandem juga dengan 1 designer tapi mostly mereka lebih interest di wireframe, mockup sama prototyping.
image

Detil mengenai point dari tiap framework nya mungkin akan saya share nanti kalau ada waktu longgar lagi, berikut beberapa hasil kerja kamidi fase awal framework hasil kerjanya lebih ke corat-coret kertas dan file gdoc.

image

 

Product Management vs ft UX Design

Nah yang terakhir ini yang paling seru, finally aku bisa bener-bener ngerasain split kerjaan antara product manager dengan UX designer. Beberapa theory sih bilang kalau kerjaannya beririsan di pengerjaan use case / user stories dan user research. Tapi dari pengalaman kemarin akan lebih efektif ketika makin banyak task yang beririsan dikerjakan bareng seperti backlog-ing, ui sketch, usability test sama prototyping.
image

 

 

 

5 thoughts on “Sprint zer0 a.k.a design sprint

Leave a Reply

